Friday, August 01, 2014
   
Text Size

Teknik Perminyakan

Apa Itu Teknik Perminyakan ?
Teknik Perminyakan adalah bidang ilmu teknik yang mempelajari bagaimana terbentuknya minyak dan gas bumi di dalam perut bumi, dan mencari tahu berapa banyak jumlah cadangan yang ada untuk selanjutnya dapat diambil dan diproduksi dalam bentuk crude oil ataupun gas alam. Dengan semakin berkembangnya industri energi, maka panas bumi juga termasuk di dalam lingkup Teknik Perminyakan.

Tugas dari seorang sarjana Teknik Perminyakan adalah untuk melakukan eksplorasi dan eksploitasi yang meliputi: mencari dan menentukan lapangan minyak, penghitungan cadangan, penentuan titik bor, aktifitas pemboran, produksi, dan lain-lain. Pada proses produksi, yang dipelajari adalah bagaimana cara memproduksi fluida agar dapat sampai kepermukaan, dan juga memperkirakan teknologi-teknologi apa saja yang akan diterapkan ketika sudah membangun sebuah sumur. Sedangkan teknik pemboran digunakan untuk mendesain dan mengebor lubang sumur setelah mengetahui titik lokasi yang akan di bor.

Apa yang Dipelajari di Teknik Perminyakan ?
Ilmu terapan yang dipelajari dalam Teknik Perminyakan adalah ilmu mengenai ekstraksi (eksplorasi dan eksploitasi) minyak, gas bumi, dan juga panas bumi dari berbagai sisi yaitu sisi reservoir, penilaian formasi, pemboran, produksi, dan juga pengolahan sampai masalah ekonomi perminyakan. Selain itu juga dipelajari tentang aplikasi prinsip-prinsip ilmu teknik, manajemen, dan ekonomi dalam perencanaan, produksi, serta transportasi sumber daya alam (minyak dan gas bumi).

Prospek Lulusan Teknik Perminyakan
Lulusan Teknik Perminyakan dapat bekerja di berbagai bidang antara lain adalah :

1.   Bidang Perminyakan (Pertamina, Conoco Phillips, VICO Indonesia, Exxon Mobil, Chevron Pasific Indonesia, Total Indoensia, Sclumberger, Medco Energy, dll)

2.   Bidang pemerintahan dan lembaga penelitian (Departemen Pertambangan dan Energi, Ditjen. Minyak dan Gas Bumi, Ditjen. Geologi dan Sumber Daya Mineral, BP Migas, dll. Pada lembaga penelitian, lulusan teknik perminyakan dapat bekerja di LIPI, Lemigas, BPPT, dll

3.   Perusahaan pengadaaan barang penunjang industri perminyakan dan pertambangan

4.   Akademisi (dosen atau peneliti di perguruan tinggi negeri maupun swasta)

5.   Lain-lain (Bank, perusahaan asuransi (pemerintah/swasta), dan wiraswasta)

Daftar Perguruan Tinggi Negeri yang terdapat Teknik Perminyakan :

1.   Inst. Teknologi Bandung (ITB)

 

 

Share/Save/Bookmark