Thursday, July 24, 2014
   
Text Size

Teknik Perkapalan

Apa Itu Teknik Perkapalan ?
Teknik Perkapalan adalah suatu disiplin ilmu keteknikan yang mempelajari sebuah sistem kerja kapal yang menyangkut perencanaan dan pembangunan sebuah kapal mulai dari bentuk badan kapal dan rencana umum, kebutuhan daya mesin, struktur dan stabilitas, serta pengoperasian kapal yang sudah jadi untuk memenuhi kebutuhan manusia dalam hal sarana transportasi. Ilmu Teknik Perkapalan juga diterapkan dalam perkembangan bahari/kelautan di Indonesia, antara lain digunakan sebagai eksplorasi hidrokarbon laut, fishing (pemancingan, red), rekreasi laut, dan juga transportasi.

Apa yang Dipelajari di Teknik Perkapalan ?
Mahasiswa Teknik Perkapalan dididik agar memiliki pengetahuan dan ketrampilan professional yang mampu mengawaki galangan kapal, baik sebagai tenaga struktural (Manager, Factory Assistant, dan lain-lain) maupun tenaga fungsional (Marine Surveyor, Supervisor, Welding Inspector, Welding Engineer, dan lain-lain).

Keahlian yang diberikan kepada mahasiswa Teknik Perkapalan meliputi keahlian perencanaan kapal yang juga termasuk teori bangunan kapal, seperti: hidrostatik, stabilitas, trim, peluncuran dan lain-lain. Dan juga keahlian dalam bidang kekuatan, struktur serta teknologi pembangunan dan reparasi kapal, serta keahlian tambahan lainnya. Untuk itu, terdapat beberapa bidang keahlian yang dapat ditekuni oleh mahasiswa Teknik Perkapalan. Bidang keahlian tersebut antara lain adalah: Teknik Perencanaan dan Transportasi Laut, Konstruksi dan Kekuatan, Hidrodinamika, dan Teknik Produksi Kapal

Prospek Lulusan Teknik Perkapalan
Lulusan Teknik Perkapalan diharapkan mampu menguasai prinsip-prinsip perancangan kapal yang berkaitan dengan masalah struktur, dinamika, hidrodinamika, teknik produksi dan teknik komputasi. Kemampuan intelektual, profesionalisme serta kemampuan beradaptasi dengan lingkungan dan teknologi memungkinkan lulusan Teknik Perkapalan mampu berkiprah dan sukses di bidang-bidang lainnya. Adapun bidang/keahlian yang berkompeten dengan Teknik Perkapalan diantaranya adalah:

1.   Tenaga ahli untuk bidang perencanaan, pembangunan, perbaikan kapal dan alat apung lainnya pada industri maritim.

2.   Pemilik maupun pengawas pada perusahaan pelayaran.

3.   Quality Surveyor pada pengerjaan digalangan kapal nasional maupun internasional.

4.   Perencana dan konsultan pembangunan kapal.

5.   Tenaga ahli perkapalan dilingkungan Direktorat Jenderal Perhubungan Laut.

6.   Tenaga ahli pada laboratorium teknik perkapalan.

7.   Tenaga edukatif pada perguruan tinggi dan Sekolah Menengah Kejuruan.

8.   Tenaga ahli pada industri mesin-mesin dan peralatan, serta industri penunjangnya.

9.   Inspector ataupun Quality Control pada pengerjaan digalangan kapal.

Daftar Perguruan Tinggi Nnegeri yang terdapat Teknik Perkapalan :

1.   Inst. Teknologi Sepuluh Nopember (ITS)

2.   Univ. Hasanudin (UNHAS)

3.   Univ. Pattimura (UNPATTI)

4.   Univ. Indonesia (UI)

5. Univ. Diponegoro (UNDIP)

 

 

Share/Save/Bookmark