Wednesday, September 03, 2014
   
Text Size

Teknik Penerbangan

Apa Itu Teknik Penerbangan ?
Teknik Penerbangan adalah suatu disiplin ilmu teknik/rekayasa yang mempelajari, meneliti dan mengembangkan segala sesuatu yang berhubungan dengan upaya penjelajahan manusia di dalam atmosfer atau di luar angkasa seperti perancangan, pembuatan dan pengoperasian pesawat terbang serta wahana antariksa lain. Pendidikan Teknik Penerbangan mencakup pengetahuan tentang desain, analisis, dan ujicoba pesawat terbang, pesawat luar angkasa, serta wahana antariksa yang meliputi aspek-aspek aerodinamika struktur dan material, mekanika terbang, sistem pesawat dan sistem transportasi satelit, roket, dan misil.

Apa yang Dipelajari di Teknik Penerbangan ?
Secara garis besar, bidang ilmu dalam Teknik Penerbangan dibagi menjadi dua, yakni wahana udara dan wahana antariksa. Wahana yang dimaksud disini adalah wahana yang dapat dikendalikan manusia untuk melaksanakan misi tertentu. Dalam Teknik Penerbangan, mahasiswa Teknik Penerbangan akan dibekali dengan ilmu dasar kerekayasaan seperti mekanika teknik, mekanika fluida, dinamika, material teknik, teknik kontrol, menggambar teknik, termodinamika dan matematika teknik. Selain itu, keilmuan khusus kedirgantaraan yang dipelajari mencakup aerodinamika, struktur ringan dan material, mekanika terbang, sistem pesawat terbang, sistem transportasi dan perancangan pesawat.

Prospek Lulusan Teknik Penerbangan
Semakin maraknya penggunaan pesawat tanpa awak untuk kepentingan militer maupun kepentingan masyarakat sipil merupakan prospek yang bagus bagi lulusan Teknik Penerbangan. Karena dengan demikian, peluang lapangan pekerjaan di bidang penerbangan semakin terbuka lebar. Lulusan Teknik Penerbangan dapat bekerja di beberapa bidang anatara lain adalah :

1.   Bidang kedirgantaraan
Antara lain pada industri manufaktur (PT Dirgantara Indonesia, PT. Garuda Indonesia, PT. PINDAD, dll), industri komponen kedirgantaraan (LEN, PT. INTI) dan berbagai industri jasa seperti jasa perawatan (INDO-PELITA, MMF, Koharmat-AU), jasa angkutan udara (airlines, air charter, dll.), maupun jasa telekomunikasi satelit (Satelindo, PSN, Telkom, dll).

2.   Bidang teknik lain seperti industri otomotif, industri manufaktur, pertambangan dan perminyakan (PT. Schlumberger Indonesia, PT. Pertamina, PT. Caltex Pasific Indonesia)

3.   Bidang Pemerintahan, Akademis, dan Lembaga Penelitian
Selain bekerja di bidang kedirgantaraan, lulusan Teknik Penerbangan juga dapat bekerja dalam instansi pemerintahan (Departemen Perhubungan), sebagai dosen di perguruan tinggi negeri maupun swasta (ITB, AAU, Sekbang-AU, dll.), maupun bekerja di lembaga penelitian seperti Puspiptek/BPPT, Dislitbang AU, LAPAN.

Daftar Perguruan Tinggi Negeri yang terdapat Teknik Penerbangan :

1.   Inst. Teknologi Bandung (ITB)

 

 

Share/Save/Bookmark