Monday, November 24, 2014
   
Text Size

Dr. Taufik

Ilmuwan Muda yang Mengajar di Amerika Serikat

Dr. Taufik merupakan salah satu ilmuwan Indonesia yang patut untuk dibanggakan. Karena prestasinya, dia menjadi  ilmuwan Indonesia pertama yang tampil pada cover majalah EEWeb Pulse edisi ke-10, yang merupakan majalah online Amerika Serikat khusus untuk komunitas praktisi dan akademisi di bidang teknik elektro. Profesor muda kelahiran Jakarta, 13 September 1969 ini dikenal sebagai pengajar di Cal Poly State University, California, Amerika Serikat bidang kelistrikan dan energi.

Anak ketiga dari enam bersaudara anak pasangan Alm. H. O. Sanusi asal Pandeglang dan Ibu Hj. Sumarlik asal Surabaya ini semenjak SD hingga SMA selalu menjadi bintang kelas. Awal ketertarikannya dalam dunia elektronik adalah saat dia menjadi pelajar di SMA Negeri 13, kawasan Tanjung Priok, Jakarta Utara. Dia memutuskan pilihan mengambil jurusan A1 (Fisika) dan dari sanalah dia mulai berpikir untuk menjadi insinyur.

Lulus SMA dengan predikat terbaik satu angkatan, dia kemudian mendapat beasiswa melanjutkan kuliah di Northern Arizona University tahun 1989. Tahun 1993 gelar Bachelor in Science pun dia dapatkan dengan predikat Cum Laude. Tahun 1995 dia menggenapi gelarnya menjadi Master of Science dari University Illinois Of Chicago. Kemudian Dr. Taufik melanjutkan program  Doktor dengan mendapat beasiswa dari Cleveland State University pada konsentrasi program Electrical Engineering.

Sejak Agustus 1999 hingga saat ini, Dr. Taufik bekerja sebagai dosen di Cal Poly State University dan mengajar bermacam bidang ilmu eletronik, diantaranya Power Electronics Design, Modeling and Simulation of Power Converters, Control Systems dan Motor Drives. Dan beberapa tahun lalu dia dan mahasiswanya mengembangkan topologi baru untuk Voltage Regulator Modul. Perangkat ini digunakan untuk daya mikroprosesor di masa depan.

Selama mengambil gelar Doktor, dia juga sudah mulai bekerja sebagai konsultan teknik di beberapa perusahaan. Bahkan dia sempat bekerja selama satu tahun sebagai Engineer di Allen-Bradley, sebuah perusahaan besar yang bergerak dibidang automation industry dengan jumlah karyawan mencapai kurang lebih 10.000 orang. Selain itu, dia juga sempat bekerja di Rantec Power, San Diego Gas & Electric, dan di APD Semiconductor. Dr. Taufik juga sering mendapatkan program hibah dalam beberapa penelitian.

Pria yang juga memegang hak paten System Method and Apparatus for a Multi-Phase DC-to-DC Converter bersama tiga rekannya ini pernah menjabat ketua Institute of Electrical and Electronics Engineers (IEEE) cabang Central Coast California periode 2004 dan 2005. IEEE adalah organisasi internasional yang beranggotakan para insinyur dengan tujuan mengembangkan teknologi untuk meningkatkan harkat kemanusiaan.

Pada 2004, Dr. Taufik menyabet juara 1 pada kompetisi ‘Annual California State University Student Research Competition’ dan juara 3 pada kompetisi ‘Space Elevator Junior Competition’ se-Amerika Serikat yang disponsori oleh NASA. Dia juga memperoleh "Outstanding Faculty Adviser Award" yang langsung diberikan oleh Rektor Cal Poly di depan seluruh pejabat, dosen, dan staf di Cal Poly pada tahun 2005-2006.

Foto: ee.calpoly.edu

Dari berbagai sumber

 

 

Share/Save/Bookmark

Add comment


Security code
Refresh