Friday, April 18, 2014
   
Text Size

Dr. Ir. Ciputra

Dr. Ir. Ciputra lahir di kota kecil Parigi, Sulawesi Tengah pada tanggal 24 Agustus 1931 dengan nama Tjie Tjin Hoan. Beliau anak ke 3 dari pasangan Tjie Sim Poe dan Lie Eng Nio. Keluarga ini tinggal di sebuah kota yang bernama Bumbulan, sekitar 150 km dari Gorontalo, Sulawesi Tengah. 

Ketika berusia 12 tahun ia kehilangan ayahnya yang meninggal di tahanan tentara pendudukan Jepang karena tuduhan palsu dianggap mata-mata Belanda. Ia masuk kelas 3 SD di desa Bumbulan walau usianya sudah 12 tahun atau terlambat hampir 4 tahun. Ketika usianya 16 tahun lulus dari SD kemudian melanjutkan di SMP Frater Donbosco Manado. Ketika tamat SMA, kira-kira saat Ciputra berusia 17 tahun, dia meninggalkan desanya menuju Jawa, dan kuliah di ITB (Institut Tekhnologi Bandung) jurusan arsitektur. 

Pada tingkat IV, Ciputra bersama dua temannya mendirikan usaha konsultan arsitektur bangunan yang berkantor di sebuah garasi. Saat itu, Ciputra sudah menikah dengan Dian Sumeler, yang dikenalnya ketika masih sekolah SMA di Manado. Setelah Ciputra meraih gelar insinyur pada tahun 1960, mereka pindah ke Jakarta tepatnya di Kebayoran Baru. 

Setelah menyelesaikan kuliahnya Di ITB, Ciputra mengawali karirnya di Jaya Group, perusahaan daerah milik Pemda DKI. Keberadaan Ciputra di Jaya Group ternyata tidak terpengaruh oleh kondisi politik. Ciputra bekerja di Jaya Group sebagai direksi sampai dengan usia 65 tahun dan setelah itu, sampai dengan saat ini, sebagai penasihat bersama Bapak Gubernur Sutiyoso. 

Kemudian bersama dengan Sudono Salim (Liem Soei Liong), Sudwikatmono, Djuhar Sutanto dan Ibrahim Risjad, Ciputra mendirikan Metropolitan Group, yang membangun perumahan mewah Pondok Indah dan Kota Mandiri Bumi Serpong Damai. Pada masa itu, Ciputra duduk sebagai direktur utama di Jaya Group dan di Metropolitan Group sebagai presiden komisaris. Akhirnya Ciputra mendirikan grup perusahaan keluarga, Ciputra Group.

Karir Dr. Ir. Ciputra dalam dunia property telah merambah ke bisnis internasional. Proyek property yang ditangani Ir. Ciputra salah satunya adalah CHIC (Ciputra Hanoi International City) di Vietnam yang luasnya mencapai 368 hektar. Proyek yang rencananya selesai pada tahun 2013 ini terdiri dari apartemen kelas menengah atas yang lengkap dengan berbagai fasilitas penunjang layaknya sebuah kota, seperti sekolah internasional, pusat perbelanjaan, perkantoran, rumah sakit dan lain sebagainya. 

Proyek lain yang sedang dikerjakan adalah pendirian Kolkata West International City di West Bengal, India yang merupakan gabungan Ciputra Group dan Salim Group, di lahan 400 hektar dengan nilai investasi mencapai $330 juta dollar Amerika. Selain itu Ciputra Group juga menangani proyek – proyek besar lain di Singapura, Hawaii, Vietnam serta Timur Tengah.

Pada usianya yang ke-75, ketika akhirnya dia harus memikirkan pengabdian masyarakat apa yang akan ia kembangkan, dia memilih bidang pendidikan. Kemudian didirikanlah sekolah dan Universitas Ciputra, bukan sekolah biasa. Sekolah ini menitikberatkan pada enterpreneurship. Dengan sekolah kewirausahaan ini Ciputra ingin menyiapkan bangsa Indonesia menjadi bangsa pengusaha.

Kini, Dr. Ir. Ciputra memiliki 3 Sekolah yaitu Universitas Tarumanegara (UNTAR Jakarta), Universitas Prasetia Mulya (UMP) dan Sekolah Ciputra (SD-SMU) di Surabaya. Beliau telah berkecimpung dalam dunia bisnis selam 50 tahun dan memiliki 32 perusahaan di Indonesia dan Mancanegara.

 

Share/Save/Bookmark

Comments  

 
0 #1 Ali 2012-07-07 19:45
This massage is for Dr.Ir.ciputra.(if Dr.Ciputra or anybody from his family/friends receive this email please give to Mr. Ciuputra)

This ia Ali from Los Angeles/usa. i was taking care you. if you get this email. please reply to- flying2002us@ya hoo.com. i want to know how are you now. its been long time. i pray for you. thnaks. Ali
Quote
 

Add comment


Security code
Refresh