Friday, April 18, 2014
   
Text Size

Tips Memilih Jurusan Komputer

Bagi kalian yang baru lulus atau masih sekolah dan sedang merencanakan ingin masuk ke jurusan apa, mungkin sempat terpikir ingin masuk ke jurusan perkomputeran. Namun sebelum menentukan jurusan perkomputeran yang akan dipilih, ada baiknya kalian mengumpulkan informasi sebanyak mungkin mengenai jurusan tersebut.

Apakah terdapat perbedaan antara jurusan Teknik Informatika, Sistem Informatika, Teknik Komputer, dan Manajemen Informatika ? Dan bagaimana prospek kedepannya yang bagus ? Menurut Romi Satria Wahono (pencetus website www.ilmukomputer.com), kurikulum bidang komputer di Indonesia mengacu dan mengadaptasi Computing Curricula, yaitu panduan kurikulum bidang komputer (computing) yang diterbitkan secara bersama oleh ACM (The Associantion for Computing Machinery), AIS (The Assiciation Information System), dan IEEE – CS (The IEEE Computer Society).

Ketiga asosiasi kenamaan dunia tersebut bergabung membentuk suatu gugus tugas untuk mentusun kurikulum terkait dengan dunia perkomputeran yang kemudian diacu oleh banyak institusi pendidikan di seluruh dunia.

Adaptasi dan acuan kurikulum di Indonesia adalah :

1.   Computer Science, untuk program studi (jurusan) Teknik Informatika atau Ilmu Komputer.

2.   Computer Enginering, untuk program studi (jurusan) Sistem Komputer atau Teknik Komputer

3.   Informatika System, untuk Sistem Informatika atau Manajemen Informatika.

Sedangkan Software Engineering dan Information Technology, di Indonesi bukan merupakan program studi (jurusan) karena masih bisa masuk salah satu bagian dari Teknik Informatika atau Ilmu Komputer. Semua program studi (jurusan) tersebut sebenarnya memiliki mata kuliah yang boleh dikatakan “sama”, hanya pembobotannya saja yang berbeda. Bobot inilah yang nantinya menentukan jalur karier dan bidang kerja lulusan. Secara singkat, deskripsi dan kompetensi masing – masing jurusan tersebut adalah :

Computer Engineering (Jurusan Sistem Komputer atau Teknik Komputer) mempelajari tentang bagaimana mendisain dan merancang konstruksi komputer dan sistem berbasis komputer yang baik. Ilmu yang terlibat adalah mengenai hardware, software, komunikasi dan tentu saja memahami proses interaksi antara bagian tersebut. Jurusan ini diharapkan menghasilkan lulusan yang mampu mendesain dan mengimplementasikan sistem yang terintegrasi baik software maupun hardware.

Computer Science (Jurusan Teknik Informatika atau Ilmu Komputer) mempelajari antara lain tentang bagaimana mengembangkan robotic, computer vision, intelligence system, bio – informatika, dan hal – hal lainnya yang terkait dengan pengembangan komputer kedepannya. Untuk itu, ilmuwan komputer ini harus mempelajari berbagai hal secara teoritis hingga dasar – dasar algoritma dan mengetahui cara mengimplementasikannya. Jurusan ini diharapkan menghasilka lulusan dengan kemampuan cukup luas dimulai dari penguasaan teori (konsep) dan pengembangan software .

Information System (Jurusan Sistem Informasi atau Manajemen Informatika) mempelajari antara lain tentang bagaimana membangun dan mengintegrasikan solusi teknologi informasi dengan proses bisnis yang ada, sehingga suatu institusi bisnis akan dapat mencapai tujuannya dengan efektif dan efisien. Jurusan ini diharapkan menghasilkan lulusan yang mampu menganalisis kebutuhan (requirement) dan proses bisnis (business process) serta mendesain sistem berdasarkan pada tujuan organisasi.

Information Technology mempelajari antara lain tentang bagaimana sebuah sistem informasi di sebuah institusi sudah tepat keberadaannya, berfungsi sesuai harapan, mudah dalam pengaturan operasional, serta aman. Selain itu, aspek non teknis semisal memahami kebutuhan dari pengguna akhir, menterjemahkan kebutuhan manajemen, dan hal – hal praktis lainnya juga dipelajri. Jurusan ini diharapkan menghasilkan lulusan yang mampu bekerja secara efektif dalam merencanakan, mengimplementasikan, mengkonfigurasi, dan memaintain infrastruktur teknologi informasi dalam organisasi.

Software Engineering mempelajari antara lain tentang bagaimana merancang, membangun, dan memelihara sebuah sistem software yang reliable, efisien, efektif serta mudah dikembangkan dan dapat memenuhi kebutuhan dari customer atau pengguna. Jurusan ini diharapkan menghasilkan lulusan yang mampu mengelola aktivitas pengembangan software yang beskala besar dalam tiap tahapannya.

Semoga kalian tidak bingung lagi ya… mengenai jurusan komputer yang akan kalian pilih. Mengenai jurusan mana yang baik, ini tergantung pada minat, keinginan, dan potensi yang kalian miliki.

 

Selamat memilih jurusan…. !!!

Sumber : romisatriawahono.net dan sumber lainnya

 

 

 

Share/Save/Bookmark

Comments  

 
-2 #11 KOKO Reza 2013-02-10 11:48
Ini yang aku butuhkan saai ini, thanxxx
Quote
 
 
+2 #10 yoko 2012-12-26 01:46
bagus infonya mas bro
Quote
 
 
-2 #9 engineeringtown 2012-12-13 01:45
Quoting Zainul:
ouuuhh ya,.
gimana jika IPS mau masuk IT
,. soalnya bidang saya ada di situ

tlg jwb


Kalau soal itu, tergantung kebijakan dari masing-masing universitas nya Kakak... :)
Quote
 
 
+2 #8 Anisa Maulina 2012-12-08 01:20
tapi hampir semua lulusan teknik informatika bisa bekerja disegala bidang, prospek kerjanya bagus

kunjungi juga http://blogs.unpas.ac.id/anisamaulina/2012/11/24/jurusan-teknik-informatika/
tentang jurusan informatika siapa tau bisa jadi referensi..
Quote
 
 
-1 #7 Zainul 2012-12-07 17:05
ouuuhh ya,.
gimana jika IPS mau masuk IT
,. soalnya bidang saya ada di situ

tlg jwb
Quote
 
 
-1 #6 Zainul 2012-12-07 17:04
owww ya.,
jika IPS tuh juga enak ya kalo masuk IT
,soalnya jurusan saya maunya di IT

tolong jawab yahh
Quote
 
 
-2 #5 Reza Aditya 2012-09-28 04:02
Makasih banyak yah bro informasi nya
gua seneng banget membaca nya...
I MISS YOU BRO
QM MEMANG BAEK BRO MAU NGASI INFORMASI NYA

Salam kenal Bro
Quote
 
 
-1 #4 dewi 2012-06-04 07:59
kira - kira universitas mna yaa,,, yg kuotanya banyak minim saingan tapi berkualitas
heheheee
n hal hal yg harus dipersiapin mulai dari sekarang tntang pengetahuan apa aj yahh???
mkshhh
Quote
 
 
-2 #3 Center Pulsa 2012-05-23 15:54
mantab tips nya, salam kenal ya sobat :)
Quote
 
 
-2 #2 Ezekiel 2011-11-24 13:17
kalo gw jago dibidang Fisika, tapi mau masuk jurusan IT.. bagusnya gw masuk bagian yang mana ya ?
Quote
 

Add comment


Security code
Refresh