Thursday, October 23, 2014
   
Text Size

Kiat Belajar yang Efektif

Belajar merupakan hal yang wajib dilakukan oleh para pelajar dan mahasiswa. Namun, sudah efektifkah cara belajarmu selama ini ? Berikut ini adalah beberapa kiat yang dapat menjadi masukan agar cara belajarmu menjadi lebih efektif.

 

1.  Buat Rencana Belajar

Untuk mencapai suatu tujuan biasanya diiringi oleh rencana yang baik. Oleh karena itu, ada baiknya jika kamu membuat rencana belajar dan rencana pencapaian nilai untuk mengetahui apakah kegiatan belajar yang kamu lakukan telah maksimal atau perlu ditingkatkan lagi. Buatlah daftar target lengkap, mulai belajar sesuai urutan dafatr. Hanya berpindah ke target nomor dua apabila target nomor satu telah tercapai. Bisakah untuk belajar setiap hari pada jadwal yang telah kamu tetapkan ?


2.  Pilih Waktu Belajar yang Tepat

Buat tubuhmu se-segar mungkin, dengan begitu pikiranmu juga akan menjadi segar untuk belajar. Setiap orang berbeda – beda dalam mengkondisikan waktu belajarnya. Ada yang menyukai belajar di siang hari, ada juga yang malam hari. Namun, sesungguhnya waktu yang paling efektif untuk belajar adalah sebelum makan malam dan beberapa jam sesudahnya. Pada waktu-waktu ini proses belajar akan lebih cepat sehingga kita tidak perlu belajar sampai larut malam.


3.  Cari Suasana yang Paling Nyaman

Ciptakan suasana ruang belajarmu senyaman mungkin supaya kamu betah berada disana. Bisa dengan memutar music, menghiasi kamarmu dengan kata – kata yang bisa memberi motivasi atau dengan menggantungkan piagam penghargaan yang kamu dapat sehingga kamu menjadi lebih termotivasi untuk kembali berprestasi. Selain di kamar, kamu juga bisa mencari tempat lain yang menurutmu nyaman dan dapat membantumu untuk lebih berkonsentrasi. Bisa di taman, di tempat sunyi, perpustakaan, atau tempat lainnya. Aturlah penerangan agar sesuai dengan keperluanmu, tidak terlalu redup dan tidak pula terlalu menyilaukan.


4.  Kenalilah Kepribadian Diri Sendiri

Setiap orang mempunya cara belajar yang berbeda – beda. Beberapa orang bisa belajar hanya dengan membaca, sebagian lain dengan mendengar, sedangkan yang lainnya lagi dengan menulis. Nah, kamu harus bisa menentukan sendiri gaya belajar seperti apa yang tepat untuk kamu terapkan. Jika kamu sudah tahu betul gaya belajar yang paling sesuai, maka saat mempelajari sesuatu akan menjadi lebih mudah dilakukan. Setelah itu lakukan secara konsisten.


5.  Buat Catatan – Catatan Kecil

Bagian – bagian penting dari pelajaran sebaiknya dibuat catatan di kertas atau buku kecil yang dapat dibawa kemana – mana sehingga dapat dibaca di mana pun kita berada. Ini akan membantumu mengingat dan sekaligus memudahkan bila mengulang kembali. Tulis catatan – satatan kecil itu dengan kalimatmu sendiri. Kalian dapat menuliskannya kembali dalam bentuk apa saja. Gambar, coretan, dan yang terbaik adalah catatan tertulis buatan tanganmu sendiri. Setelah itu gunakan warna yang menarik pada gambar atau tulisan tangamu tersebut. Warna dapat berefek otomatis dan kata – kata tersebut akan selalu menempel di mata. Hal ini dapat mengefektifkan belajar dan membuat kamu terus mengingat materi yang sedang dipelajari. Kemudian susunlah hubungan – hubungan yang terjadi dari catatan – catatan kecil tersebut. Buatlah semacam kerangka yang menjelaskan dari awal sampai akhir. Ini akan membantumu untuk memahami pelajaran yang dipelajari, dengan demikian otak akan terlatih untuk menganalisis sebuah permasalahan.


6.  Buat Kesimpulan

Baca ulang catatan pelajaran atau pun catatan kecil yang telah kamu susun, kemudian buatlah kesimpulan dengan kata – katamu sendiri. Dengan demikian kamu akan mendapakan inti dari keseluruhan apa yang telah dipelajari.


7.  Pelajari Materi yang Masih Belum Dipahami

Pelajari materi yang paling sulit atau yang membosankan terlebih dahulu. Biasanya orang akan cenderung untuk mengesampingkan sesuatu yang tidak disukainya. Padahal, sering kali penyelesaian masalah tersebut membutuhkan energi intelektual yang lebih banyak. Sebaiknya simpan pelajaran yang kamu sukai untuk dipelajari belakangan sebagai hadiah setelah mempelajari bagian yang sulit. Jika sudah merasa mantap dengan pelajaran tersebut maka ujilah diri sendiri dengan soal – soal. Setelah soal dikerjakan periksa jawaban dengan kunci jawaban. Kemudian pelajari kembali soal – soal yang salah dijawab.


8.  Hindari SKS (Sistem Kebut Semalam)

Biasanya hal yang sering dilakukan oleh pelajar jika waktu ujian atau ulangan sudah dekat adalah dengan belajar hingga larut malam/begadang. Sebaiknya hindari belajar dengan cara seperti itu karena akan membuat badan kamu menjadi meriang dan sakit. Otak manusia itu punya batas karena otak dirancang untuk bekerja efisien. Apabila ada pemahaman baru, maka pemahaman yang lama akan dihapus dan diganti dengan pemahaman baru tersebut. Pemahaman yang kita peroleh sifatnya bertahap yang semakin lama akan semakin bagus. Nah, ini yang disebut dengan kemampuan belajar.


9.  Belajar Kelompok           

Cara termudah untuk belajar sesuangguhnya adalah bila dilakukan secara bersama – sama. Prinsip belajar ini hamper selalu efektif bagi setiap orang, apa pun karakter belajar yang dimilikinya. Selain itu belajar juga menjadi terasa lebih menyenangkan dan ringan bila dilakukan secara bersama – sam. Belajar kelompok ada baiknya mengajak teman yang pandai dan rajin belajar agar yang lebih pandai ini bisa membantu menjelaskan materi pelajaran kepada teman – temannya yang lain. Mengajari teman lain tentang materi yang baru diulang bisa membuatmu selalu ingat akan materi tersebut. Bagusnya lagi, kamu kan menjadi lebih paham akan materi tersebut.


10.  Jangan Lupa Istirahat

Kalau sudah jenuh istirahatlah beberapa saat untuk mengendurkan otot termasuk mata. Kamu dapat berdiri, berjalan keliling ruangan atau ngemil. Setelah itu mulailah lagi focus pada pelajaran. Dengan begitu, tidak terasa otak akan bertahan cukup lama untuk belajar.

 

Nah, langkah di atas hanya merupakan masukan untuk membantu kamu dalam belajar. Karena terkadang setiap orang sudah memiliki gaya dan cara belajarnya masing – masing. Tidak kalah pentingnya adalah utamakan prioritasmu sendiri. Jadi, coba buat target yang kamu percaya kamu mampu meraihnya, dan bukan apa yang dipikirkan orang lain. Oleh sebab itu, pilih cara terbaik mana yang paling pas dengan kondisimu.

 

 Selamat Mencoba !             

Dari berbagai sumber 

 

Share/Save/Bookmark

Comments  

 
+1 #3 Try Out Online 2013-02-24 17:03
Join Us !! wes belajar sambil bermain
Quote
 
 
0 #2 alis jefrianto 2012-12-21 15:21
jossss
Quote
 
 
0 #1 tyas setyarini 2012-11-03 10:44
[fv]makasi kakak, info dan sarannya..[/fv]
Quote
 

Add comment


Security code
Refresh