Monday, July 28, 2014
   
Text Size

Beasiswa Tanoto Foundation untuk Putera Daerah

Kamis, 2 Agustus 2012

JAKARTA, KOMPAS.com - Tanoto Foundation kembali memberikan kesempatan beasiswa belajar bagi putra-putri di daerah untuk memperoleh pendidikan tinggi yang berkualitas.

Dalam program beasiswa Regional Champion Scholarship yang digelarnya beberapa waktu lalu, yayasan milik Sukanto Tanoto ini spesial memberikan beasiswa penuh bagi para juara kelas di daerah Riau, Jambi, dan Medan.

"Bagi siswa sekolah menengah atas yang siap melanjutkan belajar ke perguruan tinggi pilihannya, bisa mengikuti beasiswa ini. Nanti, soal biaya, yayasan yang menjamin," tutur Pimpinan Tanoto Foundation Sihol P Aritonang, saat menggelar Media Gathering Program Highlights Tanoto Foundation 2012, di Restoran Samarra, Jakarta Pusat, Kamis (2/8/2012) malam.

Melalui program-program pendidikan, yayasan yang didirikan oleh Sukanto Tanoto ini fokus mengentaskan kemiskinan, program edukasi, pemberdayaan dan peningkatan kualitas hidup masyarak telah menjadi gerakan rutin Tanoto Foundation.

"Salah satu yang terbaru Regional Champiom Scholarship ini. Penerimanya akan mendapat tunjangan bulanan, uang kuliah, bahkan transportasi saat mengurus awal perkuliahan, pokoknya benar-benar dari pedalaman," tegasnya.

Pencapaian program beasiswa tersebut sampai dengan Juni 2012 lalu, telah memberikan beasiswa kepada 27 siswa penerima beasiswa.

Adapun tahun ini, proses Regional Champhion Scholarship sedang dalam tahap seleksi final, yaitu untuk menjaring 40 nama putra putri daerah berprestasi di tingkat SMA yang berada di area operasi grup Tanoto ini.

"Antusianya bagus sekali, pendaftar program ini ratusa, tapi kami akan memilih 40 nama saja, itu setelah melewati proses seleksi di daerah, administrasi, psikotest, dan wawancara, terutama yang memiliki kemampuan leadership yang baik," ujarnya.

"Kami berharap, penerima beasiswa ini mencetak pemimpin masa depan, sesduai namanya menjadi juara, yang berkarakter kuat, cakap, dan tangguh," tambahnya.

Ia menyebutkan juga kalau beasiswa tersebut memiliki ikatan dinas dengan perusahaan Tanoto Group. "Nanti akan kami maintanance data base mereka, kontrol nilai akademik, dan akan kami berikan ruang untuk berpartisipasi dalam kegiatan foundation," katanya.

Peraih beasiswa juga akan disalurkan bekerja di salah satu perusahaan Tanoto Group seperti diketahui perusahaan ini memiliki usaha di beberapa negara, di antaranya kebun kelapa sawit, PT Riau Andalan Pulp and Paper yaitu produsen andalan kertas Paper One, ekspor pulp, serta minyak and gas.

Karenanya beasiswa untuk jenjang sarjana (S1) ini akan mengutamakan siswa yang berminat belajar di tujuh PTN yang menjadi mitra program ini yaitu Institut Pertanian Bogor (IPB), Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Gadjah Mada (UGM), Universitas Indonesia (UI), Universitas Jambi (Unja), Universitas Riau (Unri), dan Universitas Sumatera Utara (USU).

Adapun jurusannya seperti Kehutanan, Pertanian, Ilmu gizi, Ekonomi, Teknik Kimia, Teknik Mesin, dan lain-lain yang nantinya diperuntukkan bekerja di perusahaan grup Tanoto.

"Intinya kita ingin berbuat lebih banyak lagi, sehingga bisa membantu warga masyarakat mewujudkan mimpinya, pendidikan itu langkah paling tepat menyingkirkan kemiskinan, setelahnya mereka mampu menginspirasi orang lain juga," pungkasnya.

Selain program beasiswa S1, program pascasarjana juga rencanakan akan dibuka pada Desember 2012 nanti. Informasi lengkap tentang program beasiswa terbaru ini bisa disimak di laman www.tanotofoundation.org, atau kirimkan email ke alamat This e-mail address is being protected from spambots. You need JavaScript enabled to view it . (Penulis : Ali Sobri)/(Editor : Tri Wahono)

Sumber gambar: shutterstock

 

 

 

Share/Save/Bookmark

Add comment


Security code
Refresh