Sunday, April 20, 2014
   
Text Size

Sepeda Lipat (SeliqUI) Buatan UI

Pemanasan global merupakan isu lingkungan yang sedang marak dibicarakan saat ini. Salah satu penyebab dari pemanasan global adalah pencemaran udara akibat asap kendaraan bermotor maupun asap pembakaran lainnya.

 

Berbagai riset dan penelitian telah dilakukan sebagai upaya untuk meminimalisasi dampak dari pemanasan global tersebut. Salah satunya adalah sepeda lipat (SeliqUI), produk hasil riset yang dikembangkan sejak pertengahan tahun 2006 oleh Departeman Teknik Mesin Fakultas Teknik Universitas Indonesia.

 

Nama SeliqUI berasal dari kata SEpeda LIpat, dan untuk menandakan tempat lahirnya maka dibelakangnya ditambahkan QUI, bisa disebut KUning UI atau KUning I (I = saya, bahasa Inggris). SeliqUI yang beredar saat ini adalah tipe Urban 1.2. Urban karena pengguna sepeda lipat umumnya kaum Urban, dan 2 angka di belakang, itulah versi pengembangannya.

 

 

 

SeliqUI ini merupakan produk sepeda lipat pertama buatan Indonesia. Sepeda lipat yang dikembangkan oleh Hendri D.S. Budiono, Aidil Zamri, Yusri, Rivanol, Iskandar Muda, dan Dedy Rachmat ini memiliki beberapa keunggulan dari sepeda lipat yang pernah ada. Keunggulan dari produk ini ada pada cara melipatnya. Dengan menggunakan metoda Analytic Hierarchy Process (AHP), 3 model rancangan lipatan dikembangkan, diteliti dan dianalisa hingga terpilih lipatan akhir dengan dimensi 310 x 740 x 800 mm dan berat 15,6 kg diharapkan efektif dan sesuai dengan keinginan pengguna (customer) di Indonesia.

 

Sebelum SeliqUI ini beredar dipasaran, SeliqUI telah melalui berbagai macam pengujian seperti uji konstruksi di LUK Serpong, lalu masuk laboratorium Ergonomik di Departemen Teknik Industri FTUI, dan juga berdasarkan berbagai masukan dari banyak pihak. Bekerja sama dengan PT Sekawan Utama Internasional, SeliqUI telah diproduksi masal dan diluncurkan ke pasaran.

 

 

Foto : ET/Dok UI

Dari berbagai sumber  

 

Share/Save/Bookmark

Comments  

 
0 #1 gracia 2012-04-03 03:42
ini udah dijual ke pasaran belum ya? mereknya tetep SeliQUI?
Quote
 

Add comment


Security code
Refresh