Tuesday, September 02, 2014
   
Text Size

Mendesak, Data Teknologi Tepat Guna Segera Dipetakan

Rabu, 10 April 2013

B 02 ttg“Seberapa jauh peran iptek dalam mendukung peningkatan perekonomian nasional?”. Demikian pertanyaan yang kerap muncul dalam diskusi formal maupun non formal. Untuk itu, Asisten Deputi Data dan Informasi Iptek Kementerian Riset dan Teknologi, dalam kegiatannya melakukan pemetaan data hasil litbang yang dihasilkan oleh pengembang teknologi di daerah yang telah digunakan di masyarakat. 
 
Namun, sebelum pelaksanaan hal tersebut Asdep Data dan Informasi Iptek pada tanggal 4 April 2013 melaksanakan Focussed Group Discussion (FGD) untuk sharing pengalaman dan informasi dengan Asisten Deputi Ilmu Pengetahuan dan Teknologi Industri Kecil Menengah (IKM) yang diwakili oleh Retno Sumekar, Kepala Bidang Pemetaan dan Perkembangan Iptek IKM-Ristek, dan Ign.Subagyo, Koordinator Bidang Kebijakan Deputi Pengkajian Kebijakan Peningkatan Daya Saing PKT-BPPT. Dalam sambutannya Asdep Datin, Agus Sediadi menegaskan pentingnya indikator iptek berskala nasional yang dapat digunakan sebagai rujukan dalam penentuan kebijakan iptek. 
 
Pada kesempatan ini, Retno Sumekar mengungkapkan perlunya dibuat batasan secara tegas dari definisi teknologi tepat guna. Selain itu beliau mengatakan bahwa banyak data hasil litbang daerah yang belum terinventarisir secara komprehensif. Ditambahkan oleh Ign.Subagyo bahwa BPPT telah melaksanakan inventarisasi hasil teknologi masyarakat berbasis pengetahuan tradisional. Hal ini penting dilaksanakan agar produk teknologi yang merupakan pengembangan kekayaan intelektual berbasis indigenous knowledge dapat terlindungi dengan baik.
 
“Diharapkan indikator iptek berskala nasional dengan cara memetakan hasil litbang yang berupa teknologi tepat guna di daerah dapat segera terwujud, sehingga dapat menjadi sebuah acuan dalam menyusun rekomendasi kebijakan iptek dalam meningkatkan perekonominan nasional”, demikian dikatakan Agus Sediadi menutup diskusi. (ad4-dep2/ humasristek)

Sumber:

Share/Save/Bookmark

Add comment


Security code
Refresh