Wednesday, July 23, 2014
   
Text Size

Anak SD Indonesia Borong Medali Emas

Senin, 12 November 2012

JAKARTA, KOMPAS.comPara pelajar Indonesia memborong medali emas dalam The 2nd Asian Sciene and Mathematics of Primary School atau ASMOPS yang digelar di Tangerang, 7-9 November 2012. Anak-anak Indonesia berhasil mengalahkan para pesaing yang berasal dari Malaysia, Filipina, dan Taiwan.

Fadhila Ramadiastri, siswi kelas VI SDI Al-Azhar 6, Jaka Permai, Jakarta, berhasil meraih medali emas untuk kategori Sains. Sementara itu, medali emas untuk kategori Matematika diraih oleh Grace Kurniawan, siswi kelas VI SD Tarakanita 6, Pluit, dan Benedictus Visto, siswa kelas VI SD PL Bernardus 03, Jakarta.

Tim Indonesia 1 juga berhasil menyabet medali emas untuk kategori 'The Best Team'. Tim ini terdiri dari empat orang, yaitu Arriel Putra, siswa kelas VI St Laurensia School; Fadhila Ramadiastri dan Nicholaus Taote, siswa kelas VI SD yang diasuh Surya Intensive Program; serta Sulaiman, siswa kelas VI SD Dr Wahidin Sudirohusodo, Surabaya.

Uniknya, tak hanya siswa dari kota Jakarta dan kota besar lainnya yang berhasil mencetak prestasi. Welfrid Kobak, siswa asal Yahukimo, Papua, dan Nikolaus Taote, siswa asal Mimika, juga meraih penghargaan. Keduanya yang tengah dalam asuhan Surya Intensive Program turut menyabet 1 perunggu dan 1 honourable mention.

Seperti dilansir rilis resmi yang diterima Kompas.com, Senin (12/11/2012), anak-anak sekolah dasar yang berlaga di ajang ini mengerjakan soal yang beragam. Jenis lomba sendiri untuk masing-masing kategori terbagi dua, yaitu teori dan praktik, baik yang berbentuk pilihan ganda, jawaban singkat, maupun esai. Soal kompetisi tersedia dalam bahasa Indonesia dan bahasa Inggris.

Para peserta juga diajak berkeliling ke Pusat Peragaan Iptek (PPIPTEK), Taman Mini Indonesia Indah. Dengan rangkaian kegiatan ini, Surya Institute sebagai penyelenggara berharap kecintaan anak SD pada matematika dan sains terus berkembang. (Penulis : Caroline Damanik)/(Editor : Caroline Damanik)

Sumber gambar: dok.Surya Institute

Ilustrasi: Tim Indonesia 1 yang terdiri dari Sulaiman, Arriel Putra, Nicholaus Taote dan Fadhila Ramadiastri berhasil meraih medali emas untuk kategori The Best Team dalam The 2nd Asian Sciene and Mathematics of Primary School (ASMOPS).


 

 

Share/Save/Bookmark

Add comment


Security code
Refresh