Thursday, October 23, 2014
   
Text Size

India Buat Robot Tentara dan Pengangkut Barang

Selasa, 13 Desember 2011

Robot akan menjadi pengganti manusia di banyak bidang pada masa depan. Utamanya, untuk menimalisasi kehilangan nyawa di medan peperangan.

Para ilmuwan India berencana untuk membuat robot tentara dan robot pengangkut kargo untuk militer negara itu.

Itu dikatakan Kepala Organisasi Pengembangan dan Riset Pertahanan India (DRDO) Vijay Kumar Saraswat, Minggu (11/12).

"Kami sedang bekerja untuk menciptakan tentara robot yang dapat berfungsi seperti manusia robot. Robot seperti itu memerlukan basis data, kecerdasan buatan untuk melaksanakan tugas dan rencana DRDO," kata Saraswat kepada wartawan.

DRDO, lembaga penelitian senjata negara Departemen Pertahanan, merencanakan membuat robot untuk mengangkut kargo di pegunungan. Demikian dilaporkan RIA Novosti.

Robot tersebut akan dapat menggantikan bagal (keturunan kuda dengan keledai) dalam angkatan bersenjata negara itu.

Penemuan DRDO sebelumnya adalah Daksh yang dioperasikan dari jarak jauh sebagai robot kendaraan yang menangani elektronik dan telah dipesan tentara India.

Angkatan bersenjata negara itu memesan 20 kendaraan itu pada 2010.

Menurut hidustantimes, DRDO juga sedang mengembangkan radar yang bisa menembus dinding berlapis-lapis untuk medeteksi orang yang bersembunyi di balik dinding.

Selain itu, radar active electronically scanned array tengah diteliti untuk dapat dipasang pada pesawat tempur MK II. Radar ini akan siap dalam dua-tiga tahun. (OL-5)

Sumber gambar: AP/Matthias Schrader/vg


Share/Save/Bookmark

Add comment


Security code
Refresh