• Selamat Datang di Engineeringtown for Teachers, Pusat Informasi Seputar Dunia Teknik, Persembahan Kami untuk Seluruh Guru di Indonesia
You Are Here: Home » Engineering For Teachers » Smartcard Reader E-KTP Buatan Dalam Negeri Siap di Produksi

Smartcard Reader E-KTP Buatan Dalam Negeri Siap di Produksi

“Sejak 2009, BPPT sudah memberikan dukungan penuh pada penerapan e-KTP, dengan pendampingan teknis uji petik penerapan awal e-KTP di enam daerah. Dukungan kongrit lain yang diberikan BPPT, antara lain meliputi perancangan teknis e-KTP pada Grand DesignSistem Administrasi Kependudukan Kementerian Dalam Negeri, pemberian rekomendasi persyaratan teknologi e-KTP dan pengujian e-KTP, serta pendampingan teknis penerapan e-KTP pada tahun 2011 hingga 2013 ini”.

Hal tersebut disampaikan Kepala BPPT, Marzan A Iskandar saat membuka Seminar Teknologi dan Pemanfaatan e-KTP dan Perangkat Card Reader untuk Pelayanan Publik di BPPT, (2/05). Seminar ini merupakan kelanjutan dari Dialog Nasional e-KTP yag telah dilaksanakan pada tahun 2012 oleh BPPT dan Kementerian Dalam Negeri.

Lebih jauh Marzan menyampaikan, teknologi utama dari penerapan e-KTP adalah teknologi smartcard dan biometrik yang telah diterapkan untuk sistem perekaman, identifikasi ketunggalan identitas dan penerbitan e-KTP. “Pemanfaatan teknologi biometrik multimodal (sidik jari, iris mata dan foto wajah), telah menguatkan metode pengenalan identitas tunggal berbasiskan NIK (Nomor Induk Kependudukan). berupa NIK akan lebih menjamin kepastian penduduk pemegang e-KTP dalam mengakses administrasi pemerintahan dan pelayanan publik”, tegasnya.

Menteri Dalam Negeri, Gamawan Fauzi juga menegaskan pentingnya card reader dalam pelayanan publik nantinya. “Jika nanti e-KTP sudah dimanfaatkan diberbagai sektor, misalnya perbankan, card reader ini akan menjadi kebutuhan mendasar. Card reader hasil BPPT ini sangat luar biasa, sama sekali tidak membutuhkan PC untuk membacanya. Sedangkan card reader yang digunakan sekarang, masih membutuhkan PC untuk membacanya”, ungkapnya.

Gamawan mengharapkan, card reader hasil rekayasa BPPT dapat diproduksi oleh industri nasional. “Alat ini hasil karya bangsa sendiri, jangan sampai yang mengembangkan nantinya malah pihak asing”, jelasnya.

Source : 

Scroll to top