links
Cara Kerja Mesin ATM
Cara Kerja Mesin ATM
Written by Administrator

Dalam kehidupan sehari-hari kita sudah tidak asing lagi dengan nama ATM (Automatic Teller Machine), apalagi bagi masyarakat yang tinggal di perkotaan. Dengan perkembangan teknologi yang pesat saat ini transaksi apapun dapat dilakukan melalui ATM, mulai dari penarikan tunai, transfer, pemindah bukuan, pembayaran tagihan, bahkan setoran tunai maupun cetak buku dapat dilakukan di ATM. Nah, tahukah kamu bagaimana cara kerja sebuah mesin ATM? Yuk kita baca penjelasan selanjutnya…


Apakah dalam bayanganmu didalam ATM itu ada orang yang duduk, dan kalau ada yang mau ambil uang dihitung dulu setelah itu dikeluarkan kemudian diberi bukti penarikan? Tentu saja tidak seperti itu. Sebenarnya komponen ATM itu terdiri dari kotak ATM, tombol angka, layer monitor dan kamera (optional), yang biasa nampak dari luar. Sedangkan didalamnya terdiri dari satu unit computer CPU, key board, modem, kota uang, printer kecil dan card reader.

Cara kerja mesin ATM sangat sederhana dan mudah. Jika kamu ingin bertransaksi menggunakan ATM, kamu hanya tinggal memasukkan kartu ATMmu ke dalam mesin. Setelah kartu ATM dimasukkan kedalam mesin, maka kartumu akan dibaca oleh magnetic card reader yang ada didalam mesin. Fungsi dari magnetic card reader adalah sebagai pembaca dan penerima data. Setelah data dibaca, lalu data tersebut dikirim ke sistem komputerisasi bank.

Saat mesin berhasil membaca data dalam kartu ATM mu, maka mesin akan meminta nomor PIN (Personal Identification Number). PIN ini tidak terdapat di dalam kartu ATM melainkan kamu harus memasukkannya sendiri. Jadi jangan sampai lupa nomor PIN mu yah. Kemudian setelah kamu memasukkan PIN, maka data PIN tersebut akan diacak (di-encrypt) dengan rumus tertentu dan dikirim ke sistem komputerasi di bank yang bersangkutan. Pengacakan data PIN ini dimaksudkan agar data-datamu tidak bisa terbaca oleh pihak lain.

Setelah data-datamu selesai diproses di sistem komputer bank, maka data-datamu akan dikirim kembali ke ATM. Dan kamu akan mendapatkan apa yang kamu minta di mesin ATM tersebut seperti uang tunai, cek saldo, transfer tunai, dan sebagainya.

Pada sebuah kartu ATM terdapat garis yang dinamakan Magnetic Chip. Magnetik Chip tersebut mempunyai fungsi sebagai sensor pendeteksi identitas pemilik kartu ATM. Magnetic Chip sangat sensitif dengan berbagai keadaan, contohnya apabila Magnetic Chip tergesek oleh sebuah benda maka Magnetic Chip tersebut akan kehilangan fungsinya.

Ada dua hal penting yang harus dijaga agar transaksimu di ATM aman, yaitu: Kartu ATM dan PIN. Kedua perangkat ini saling berhubungan erat, sehingga kamu harus selalu ingat nomer PIN mu dan menjaga agar kartu ATM mu tidak hilang. Oh iya, untuk menjaga keamanan, jangan pinjamkan Kartu ATMmu kepada orang lain untuk kepentingan apapun. Simpanlah Kartu ATMmu pada tempat-tempat yang aman dan tidak mudah dijangkau orang lain.

Foto: ET
Dari berbagai sumber

 

 

Share/Save/Bookmark
Cara Kerja Mesin ATM
 

Comments   

 
+2 #16 toko komputer 2013-02-01 08:46
trima kasih gan tuk artikel'a... :)
skarang sya jdi tau dehhh.... ;)
sukses truys bwat agan... :D
 
 
+2 #15 maunya 2012-10-05 09:17
:D :lol: :-) ;-) 8) :-| :-* :oops: :sad: :cry: :o :-? :-x :eek: :zzz :P :roll: :sigh:
 
 
+1 #14 sari 2012-09-02 03:16
kenapa uangnya bsa kluar dri msin? kan itu mesin kok bsa kluar uangnya?
 
 
-17 #13 arga 2012-02-05 07:35
mas bro, saya mau tanya,,, saya punya ATM, kode PIN nya saya kasih tau sama kawan aku. Yang jadi masalah : apakah kawan itu bisa mengambil uang saya tanpa harus menggunakan ATM ku?????
 
 
-3 #12 nandar 2011-12-29 01:33
mas bro mba sis... bantu saya ya.. baru punya ATM ni.. kasih step by step cara transfer sama penarikan lewat ATM please.... thanks
 
 
-1 #11 Ramadhan 2011-12-23 23:13
Kenapa uang bisa kembali lagi ke mesin atm
 
 
+2 #10 khafanah 2011-12-12 07:47
Sistemnya Apaan gan dalam Mesin Atm itu bisa dijelaskan lebih rinci tidak?terimakas ih :-) :lol:
 
 
-5 #9 Fitriyani 2011-11-20 01:42
Ada hal yang sya tanyakan nii,,sya prnah kejadian waktu bertransaksi penarikan saldo di ATM,eeh uangnya masuk lagi karena sya telat menarik uangnya,tapi saldo sya berkuarang,,moh on jawabanya saldo sya bisa di kembalikan tidak oleh pihak BANK,

Trimakasih :-)
 
 
-1 #8 yuda prabowo subiyan 2011-10-31 03:10
hahahahahahahah ahahahahahahaha haha........... .... :D
 
 
-1 #7 nanda 2011-07-28 07:52
Quoting andi saiman:
apa sich nama program yg ada di mesin atm?? ada kaitannya gak dengan SCADA atau PLC............... :zzz


hai,wah kamu kelas berapa? aku sekarang kelas 5 SD tapi blum dapat pelajaran itu yah? kamu pasti kelas 6 y..
 

Add comment

Statistik

Content View Hits : 2297159

Central office

Gedung Engineering Center,
Lt. 3 Fakultas Tekni Universitas Indonesia
Tlp: 021 - 78849052
FAX: 021 - 78849072
E-Mail: engineeringtown@yahoo.com;
engineeringtown.ui.ac.id

About Us

Engineeringtown for kids adalah Website yang menyediakan informasi di bidang keteknikan dan pendidikan untuk anak