links
Bagaimana Cara Kerja Oven Microwave
Bagaimana Cara Kerja Oven Microwave
Written by Administrator

Pernahkah adik-adik melihat oven microwave? Adakah diantara adik-adik yang memiliki oven microwave di rumah? Tahukah kalian bagaimana cara kerja dari oven microwave itu? Mari kita simak penjelasan berikut ini.. Oven microwave merupakan peralatan alat rumah tangga yang sangat efisien dan hemat energi. Oven microwave dapat memasak 18 kali lebih cepat dari kompor biasa.

Microwave atau gelombang mikro adalah salah satu gelombang elektromagnet dalam spektrum gelombang elektromagnet. Gelombang ini tidak dapat dilihat mata kita karena panjang gelombangnya jauh lebih besar dari panjang gelombang cahaya.

Gelombang mikro dapat digunakan sebagai pemanas makanan karena memiliki tiga buah sifat dasar yang menjadi dasar prinsip kerja oven microwave. Pertama, gelombang mikro akan dipantulkan oleh bahan logam seperti baja atau besi. Kedua, gelombang ini dapat menembus bahan non logam tanpa memanaskannya. Terakhir adalah gelombang ini akan diserap oleh air.

Pada dasarnya fungsi utama oven microwave adalah sama dengan kompor yaitu menaikkan suhu makanan. Secara lebih terperinci, tahapan dalam proses pemanasan di dalam oven microwave adalah sebagai berikut: magnetron yang terdapat di dalam oven microwave memancarkan gelombang mikro ke dalam oven microwave. Magnetron adalah sejenis tabung hampa penghasil gelombang mikro. Sebagai gelombang elektromagnetik, gelombang mikro yang merambat membawa energi yang cukup untuk memanaskan cairan pada makanan.

Kemudian gelombang mikro tersebut akan terperangkap di dalam oven microwave karena terlindung oleh dinding oven microwave yang terbuat dari logam. Selanjutnya apabila gelombang mikro mengenai cairan, maka energi gelombang mikro ini akan diserap oleh cairan tersebut sehingga makanan bisa matang. Zat makanan lain yang juga akan menyerap panas oven microwave adalah gula, garam dan lemak.

Sumber: www.e-dukasi.net/berbagai sumber

 

 

Share/Save/Bookmark
Bagaimana Cara Kerja Oven Microwave
 

Comments   

 
0 #4 Agus Suroyo 2013-02-19 02:51
Saya harus masak selama 10 Jam tanpa putus dgn suhu antara 70 s/d 80 derajat celcius. Gimana caranya ?
 
 
+1 #3 ridho pahwan kasio 2012-06-25 05:06
asseeeekkkk
 
 
+2 #2 fadlli 2011-07-28 07:13
Pertanyaan yang bagus..

yang dimaksud oleh Jesslyn diluarnya panas, apakah terdapat alumunium foilnya??

Teknik pemanasan pada oven microwave bukan dengan konveksi atau radiasi, tapi dengan meresonansi struktur molekulnya pada frekuensi mikrowave. Gelombang mikro pada microwave memiliki frekuensi 2500 MHz sehingga dapat diserap air, lemak dan gula. Hal tersebut membuat atom dapat teraduk dan menghasilkan panas yang secara tidak langsung membuat masakan matang.

Gelombang mikro pada frekuensi ini tidak akan menembus bahan seperti gelas, keramik, dan sebagian jenis plastik. Untuk bahan logam, akan dpantulkan oleh gelombang ini.

Semoga dapat membantu...
 
 
+1 #1 Jesslyn 2011-07-25 15:23
wah bagus nih ada website yang informatif dan edukatif kayak gini, btw, mau nanya dong...kalo manasin makanan (bukan bentuk cairan) pakai microwave, kenapa bagian luarnya engga panas tapi begitu dibelah, dalamnya bisa bikin tangan melepuh? padahal, logikanya, yg panas duluan kan harusnya bagian luarnya dulu. pertanyaan ini sehubungan dengan proses pembuatan karya tulis, thanks :)
 

Add comment

Statistik

Content View Hits : 2102897

Central office

Gedung Engineering Center,
Lt. 3 Fakultas Tekni Universitas Indonesia
Tlp: 021 - 78849052
FAX: 021 - 78849072
E-Mail: engineeringtown@yahoo.com;
engineeringtown.ui.ac.id

About Us

Engineeringtown for kids adalah Website yang menyediakan informasi di bidang keteknikan dan pendidikan untuk anak