links
Bagaimana Balon Udara Bisa Terbang?
Bagaimana Balon Udara Bisa Terbang?
Written by Administrator

Pernahkah kamu berpikir bagaimana balon udara yang tidak memiliki sayap bisa terbang tinggi ke angkasa? Bagaimana balon udara dikendalikan dan peralatan apa saja yang membuat balon udara bekerja? Yuk kita cari tahu bersama-sama.


Sebelum kita mengetahui bagaimana cara kerja balon udara, ada baiknya kita ketahui terlebih dahulu bagian-bagian dari balon udara. Balon udara secara garis besarnya mempunyai tiga bagian utama yaitu envelope, burner, dan basket.

Envelope merupakan kantong yang terbuat dari bahan nilon berbentuk balon tempat udara dipanaskan. Karena nilon ini tidak tahan api, maka bagian bawah envelope dilapisi dengan bahan anti api (skirt). Envelope ini berisi udara/gas ringan (seperti gas hidrogen) yang berfungsi mengangkat balon udara dari landasannya.

Burner merupakan alat yang berfungsi untuk memanaskan udara di dalam envelope. Burner di letakan di atas kepala penumpang dekat ke mulut envelope. Burner ini mengatur tekanan dalam kantung udara agar balon dapat terbang dengan ketinggian yang diharapkan.

Basket atau keranjang merupakan tempat penumpang mengendalikan balon udara atau penumpang yang menikmati penerbangan balon udara. Basket dibuat dari bahan yang ringan dan lentur dan terletak di bawah kantung udara.

Cara kerja balon udara sangat sederhana yaitu dengan cara memanaskan udara di dalam balon agar lebih panas dari udara di luarnya sehingga balon udara mengembang dan dapat naik (terbang). Udara yang lebih panas akan lebih ringan karena masa per unit volumenya lebih sedikit.

Untuk dapat terbang, udara di dalam envelope dipanaskan menggunakan burner dengan temperatur sekitar 100 derajat Celcius. Udara panas ini akan terperangkap di dalam envelope sehingga balon udara pun akan mengembang dan bergerak naik di dorong oleh udara yang bertekanan lebih kuat. Jika ingin mendarat, udara didinginkan dengan cara mengecilkan burner. Udara yang mulai mendingin di dalam envelope membuat balon bergerak turun.

Bagaimana caranya balon udara berpindah dari satu lokasi ke lokasi lain? Jawabanya adalah dengan cara memanfaatkan hembusan angin untuk bergerak secara horizontal. Arah tiupan angin berbeda pada setiap ketinggian tertentu. Perbedaan arah tiupan angin inilah yang dimanfaatkan oleh pengemudi balon udara untuk mengendalikan balon udara dari satu lokasi ke lokasi yang diinginkan.

Balon udara mempunyai dua tipe yaitu:

  1. Balon udara yang diisi dengan udara panas, yaitu balon udara yang mempunyai pembakar yang berfungsi untuk memanaskan udara dalam balon sehingga udara dalam balon menjadi lebih ringan dari udara luar sekitarnya.
  2. Balon udara yang diisi dengan gas yang memang ringan, yaitu balon udara yang diisi gas yang ringan seperti contohnya gas hydrogen. Namun kelemahan gas hidrogen ini adalah mudah terbakar. Jika ingin aman bisa menggunakan gas helium, namun sangat mahal.


Ilustrasi: engineeringtown.com
Dari beberapa sumber

 

 

Share/Save/Bookmark
Bagaimana Balon Udara Bisa Terbang?
 

Comments   

 
-1 #7 Vj Arman 2012-11-23 10:26
Quoting ihsan:
good :-*

Quoting vera and intan:
:sigh: haaaaaaaaaaahhhaaaa bisakah balon udara tnpa gas helium terbang?????


bisalah???
 
 
+2 #6 Vj Arman 2012-11-23 10:25
8) kalau dikasih gas dalam perut bisa nggak terbang????.... ... :-*
 
 
+2 #5 ihsan 2012-07-04 09:22
good :-*
 
 
0 #4 swa 2012-02-02 16:20
Quoting ainul nini:
:lol: thank for this information
so i can do my work


ME to my work is physcs :lol:
 
 
+1 #3 vera and intan 2011-11-25 05:57
:sigh: haaaaaaaaaaahhh aaaa bisakah balon udara tnpa gas helium terbang?????
 
 
+3 #2 agung triwisnu 2011-11-05 13:36
wah... aku jadi tahu deh.. tentang balon udara.. jadi ingin buat balon udara raksasa.. agar bisa terbang bersama dia (berharap) 8)
 
 
+3 #1 ainul nini 2011-10-04 11:12
:lol: thank for this information
so i can do my work
 

Add comment

Statistik

Content View Hits : 2099483

Central office

Gedung Engineering Center,
Lt. 3 Fakultas Tekni Universitas Indonesia
Tlp: 021 - 78849052
FAX: 021 - 78849072
E-Mail: engineeringtown@yahoo.com;
engineeringtown.ui.ac.id

About Us

Engineeringtown for kids adalah Website yang menyediakan informasi di bidang keteknikan dan pendidikan untuk anak