links
Mengapa Orang Yang Ada Di Dalam Mobil Tidak Tersambar Petir?
Mengapa Orang Yang Ada Di Dalam Mobil Tidak Tersambar Petir?
Written by Administrator

Ketika hujan datang, tak jarang disertai dengan kilatan-kilatan cahaya terang yang diikuti dengan suara bergemuruh yang sangat kencang. Kilatan cahaya yang merupakan fenomena alam tersebut dinamakan petir. Kalian pasti sudah pernah atau bahkan sering mendengar suara petir kan?


Petir sering menyambar benda-benda yang tinggi seperti gedung pencakar langit, pohon, tiang listrik, dan benda-benda yang menjulang tinggi lainnya. Tetapi bukan berarti benda yang dekat dengan tanah akan terbebas dari sambaran petir loh. Lalu, apakah jika kita berada di dalam mobil maka kita bisa tersambar petir juga? Yuk kita cari tahu..

Petir menyukai menyentuh benda-benda yang bersifat konduktor (dapat menghantarkan listrik) seperti logam. Mobil terbungkus oleh bahan logam (campuran alumunium) yang merupakan konduktor yang sangat baik. Jika atap mobil tersambar petir, maka tidak akan terjadi apa-apa dengan orang yang berada di dalam mobil. Mengapa? Orang yang berada di dalam mobil terlindungi dengan baik karena tidak ada muatan listrik yang masuk mobil. Logam yang membungkus mobil itu memiliki sifat yang unik. Ketika logam diberi muatan listrik, maka muatan listrik akan segera tersebar dipermukaannya.

Petir merupakan aliran listrik, muatan listrik dari petir akan diterima oleh bahan logam yang membungkus mobil lalu disebarkan ke seluruh permukaan luar mobil dan akan berujung pada ban mobil. Seketika itu juga ban mobil akan menahan aliran listrik dari petir dan mengalirkan sisa aliran listrik tersebut ke tanah. Jika sambaran petir yang menyambar atap mobil sangat besar maka ban mobil akan meleleh bahkan meledak.

Oleh karena itu jika sedang hujan dan terjadi petir, carilah tempat aman untuk berlindung. Jangan berlindung di bawah pohon tetapi carilah tempat yang lebih aman seperti di dalam rumah/gedung atau di dalam mobil. Jika kalian berlindung di dalam mobil, tetaplah berada di dalam mobil dan duduklah di jok mobil tanpa menyentuh logam di dalam mobil. Karena jok mobil terbuat dari karet/kain yang merupakan isolator yang sempurna dan listrik tidak bisa melalui isolator.

Ilustrasi: ET
Dari berbagai sumber



 

 

Share/Save/Bookmark
Mengapa Orang Yang Ada Di Dalam Mobil Tidak Tersambar Petir?
 

Comments   

 
0 #2 bella 2012-09-02 13:55
oohh,yayaya,mak asih infonya bray ;-)
 
 
+1 #1 koko 2011-08-15 09:08
ooo begitu y..saya baru tau nih :-*
 

Add comment

Statistik

Content View Hits : 1884403

Central office

Gedung Engineering Center,
Lt. 3 Fakultas Tekni Universitas Indonesia
Tlp: 021 - 78849052
FAX: 021 - 78849072
E-Mail: engineeringtown@yahoo.com;
engineeringtown.ui.ac.id

About Us

Engineeringtown for kids adalah Website yang menyediakan informasi di bidang keteknikan dan pendidikan untuk anak